Macam Macam Manfaat dan Fungsi Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh

Mempunyai  tubuh yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang, banyak cara yang dilakukan agar tetap memiliki tubuh yang sehat, mulai dengan melakukan olahraga secara teratur sampai memilih-milih makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin guna menjaga kesehatan tubuh, dalam menjaga kesehatan tubuh tentunya vitamin mempunyai peranan yang sangat penting karena vitamin merupakan senyawa organik yang sangat di perlukan untuk  mengatur metabolisme tubuh kita agar tetap sehat selalu serta dapat membantu dalam proses pertumbuhan, secara alami tubuh kita tidak bisa menghasilkan vitamin sendiri, maka dengan itu mendapatkan vitamin dari berbagai makanan yang mengandung vitamin sangatlah di perlukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, pada dasarnya vitamin yang di butuhkan pada tubuh hanyalah secukupnya, tetapi jika jumlah vitamin yang di butuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi maka metabolisme akan terganggu sehingga akan berimbas timbulnya penyakit yang tidak diharapkan.

macam-macam-dan-fungsi-vitamin

Mungkin sebagian banyak sudah mengetahui apa itu vitamin, tetapi tidak sedikit juga yang belum mengetahui fungsi vitamin dari macam-macam vitamin yang sudah di kenal, kata vitamin memang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi baik di daerah maupun di perkotaan, semua tentu mengenal kata vitamin beserta dengan fungsinya, tetapi bagi yang belum mengetahuinya mari kita bersama mencari tahu dari fungsi vitamin, berikut ini uraian mengenai jenis dan fungsi vitamin.


Macam-Macam Manfaat dan Fungsi  Vitamin

Vitamin memiliki dua kelompok yaitu Water Soluble Vitamin atau vitamin yang dapat larut dalam air seperti vitamin C dan vitamin B, sedangkan Fat Soluble Vitamin atau vitamin yang dapat larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E dan vitamin K, selanjutnya mari kita mengenal lebih jauh lagi mengenai fungsi dan macam macam Manfaat vitamin.

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, dan sangat penting untuk indra penglihatan agar tetap sehat serta menjaga imunitas tubuh atau kekebalan tubuh. Penyebab penyakit yang kekurangan Vitamin A yaitu penyakit Katarak, Rabun Senja, Keratomalacia (Perusakan Kornea), Hyperkeratosis (benjolan putih pada folikel rambut). Sumber makanan yang mengandung vitamin A : Jenis buah-buahan yang memiliki warna Merah dan Kuning seperti ( Wortel, Pepaya,Pisang,Cabe Merah ), Margarine,Susu,Hati dan ginjal serta sayuran yang memiliki warna hijau dan kuning.

Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki fungsi yang sangat penting untuk system saraf dan fungsi jantung serat dapat mencegah penyakit beri-beri. Akibat kekurangan vitamin ini bisa mengalami penyakit beri-beri, kulit kering, kulit bersisik, serta dapat mengalami penurunan daya tahan tubuh, nafsu makan menjadi berkurang dan susah untuk buang air besar. Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin B1 seperti Kacang hijau, daging, kacang kedelai, susu, tepung, roti, ayam, daging tanpa lemak, ikan dan lain-lain.

Vitamin B2

Memiliki Fungsi yang penting untuk kulit, pertumbuhan jaringan tubuh,  serta dapat mencegah kepekatan mata terhadap cahaya. Sedangkan akibat kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan terjadinya penyakit Ariboflavinosis, dapat menyebabkan kulit kering, mulut kering, bibir pecahpecah, kulit bersisik serta dapat menurunnya daya tahan tubuh. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin ini meliputi Susu, sayur hijau yang berdaun, daging tanpa lemak,kacang hijau,pisang dan sebagainya.

Vitamin B3

Mempunyai fungsi sebagai membantu makanan menjadi energy, mencegah penyakit pellagra, membantu system saraf,serta dapat membantu dalam mencegah berkurangnya nafsu makan. Adapun penyakit yang akan timbul ketika kekurangan vitamin ini seperti Penyakit Pellagra, dan akan merasakan badan lemas, otot mudah keram dan kejang serta insomnia mual-mual. Makanan yang mengadung vitamin B3 seperti Roti, daging sapi, ikan ( salmon dan tuna ) sayur-sayuran berdaun, Telur, Brokoli, susu, hati, ragi, asparagus.

Vitamin B5

Berfungsi untuk membantu pemecahan nutrisi makanan ( trutama pada lemak ), memproduksi senyawa asam lemak, neurotransmiter , sterol, hormon tubuh serta dapat menjaga komunikasi system saraf dan otak. Jika kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit Paresthesia, sulit tidur, kulit kering dan bersisik, dan otot mudah kram, adapun makanan yang mengandung vitamin ini seperti daging , sayur-sayuran,brokoli, dan avocado.

Vitamin B6 

Vitamin B6  memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta sangat penting untuk sel-sel darah merah dan system saraf serta mampu menghasilkan antibody. Penyakit yang timbul dari kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan penyakit anemia atau kekurangan darah serta dapat mengakibatkan terjadinya gangguan dalam system saraf. Makanan yang mengandung B6 seperti Kacang-kacangan daging, pisang, dan saur-sayuran.

Vitamin B7

Fungsi vitamin B7 dapat membantu raksi biokimia tubuh seperti transfer karbondioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak. Makanan yang mengandung vitamin ini meliputi Gandum, daging, kacang-kacangan, pisang, kuning telur dan ragi. Penyakit yang akan timbul Karen kekurangan vitamin ini diantaranya depresi, Dermatitis, anemia, Enteritis,  nusea, dan kerontokan rambut.

Vitamin B9

Memiliki fungsi yang dapat mencegah kecacatan pada janin, menurunkan resiko penyakit jantung, serta dapat membantu dalam proses metobolisme protein yang berlangsung dan dapat membangun sel-sel darah merah yang sehat, sangat cocok untuk yang sedang mengandung agar janin terjaga akan kesehatannya. Akibat kekurangan vitamin ini yaitu dapat terjadinya kecacatan pada janin. Sumber makanan yang mengandung vitamin ini seperti , Bayam, hiji bunga matahari, jeruk, telur, hati,dan kacang polong.

Vitamin B12

Memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan system saraf, sangat penting untuk membantu dalam pertumbuhan anak-anak, serta dapat mencegah penyakit anemia. Penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan Anemia serta cepat lelah. Makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu daging, susu, hati, telur dan ikan.

Vitamin C

Mungkin vitamin ini lebih di kenal dari pada vitamin yang lainnya karena memang vitamin ini banyak terkandung pada minuman yang beredar di masyarakat, vitamin ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi serta tulang,mencegah penyakit kudis,dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, serta sebagai antioksidan. Dampak yang akan di rasakan ketika kekurangan vitamin C yaitu Sariawan, lidah pecah-pecah,cepat lelah Karen berkurangnya energy, anemia, dan penyakit kudis. Sumber makanan yang mengandung vitamin C seperti Jeruk, Strawberry, Tomat, arbei, susu, mentega,asparagus dan ikan.


Vitamin D

Fungsi vitamin ini memiliki peranan penting untuk gigi dan tulang, mencegah penyakit rahkitis atau yang disebut pelunakan tulang pada anak-anak, serta dapat membantu tubuh menggunakan kalsium dan phosphor. Jika kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Rheumatoid arthritis atau radang sendi, diabetes, rahkitis serta Penyakit Osteomalasia atau hilangnya unsur fosfor dan kalsium secara berlebihan. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin D seperti Susu, udang, paparan sinar matahari,tiram,kedelai,jamur,hati,telur dan ikan.


Vitamin E

Macam-macam manfaat vitamin selanjutnya adalah vitamin E yang memiliki fungsi penting untuk kelancaran fungsi darah dalam melakukan tugasnya, menjaga kesehatan kulit, mata, darah merah dan hati, sebagai antioksidan alami,melindungi paru-paru dari polusi udara serta dapat mencegah asam lemak yang berlebihan. Akibat kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan kemandulan, gangguan saraf dan otot. Makanan yang mengandung jenis vitamin E yaitu Gandum, padi-padian, kuning telur, minyak sayur,lettuce, ragi, dan kuning telur.


Vitamin K

Yang terakhir dalam macam macam vitam yaitu vitamin K yang mempunyai fungsi sebagai membantu metabolisme tubuh serta dapat mencegah penyakit diabetes,  dapat menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis dan dapat menekan proses pendarahan akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik yang berlebihan. Makanan yang mengandung jenis vitamin ini Sayuran berdaun hijau, avocado,peterseli atau parsley dan kiwi. Dan penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin K dapat menurunnya kepadatan tulang serta dapat menghambat pembekuan darah.

Memilih sumber makanan yang mengandung vitamin sangat membantu dalam menjaga kesehatan baik untuk saat ini maupun untuk dimasa mendatang, oleh karena itu mengatur pola makan yang sehat sangat di anjurkan oleh dokter manapun, pada dasarnya alam tempat kita berpijak telah menyediakan berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin serta memiliki fungsi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, hanya saja semuanya di kembalikan lagi kepada diri kita agar pintar-pintar dalam memilih makanan yang sehat.

Banyak tumbuh-tumbuhan yang ada di alam semesta ini yang dapat membantu dalam membantu atau ngobati penyakit yang kita alami seperti pohon sirsak, kita dapat mengambil manfaat daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit seperti untuk mengobati kanker, asam urat, nyeri punggung, diabetes serta yang lainnya, maka tak heran jika di seluruh pelosok dunia menggalakan akan kelestarian alam yang kita huni. Mungkin informasi Macam macam Manfaat dan fungsi  vitamin bagi kesehatan tubuh ini dapat bermanfaat, dan semoga kita semua selalu di berikan kesehatan, karena di dalam jiwa yang sehat terdapat juga pemikiran yang bersih dan sehat, terima kasih semoga sehat selalu melekat pada diri kita semua.

2 komentar:

  1. Untuk mendapatkan vitamin dari jus sebaiknya dikonsumsi tanpa pemanis buatan dan es batu :).

    ReplyDelete
  2. Makasih udah bikin artikel yang bermanfaat :)

    ReplyDelete