Rangkuman Kemenangan Spesial Valentino Rossi Di MotoGp

Valentino Rossi merupakan pembalap sekaligus legenda hidup Motogp yang saat ini masih aktif di ajang balap paling bergengsi di dunia, sepanjang karir nya pria asal Itali tersebut telah berhasil menjadi juara dunia MotoGp sebanyak 9 kali di berbagai ajang, 1 kali di kelas 125cc, 250cc, 500cc dan 6 kali di kelas MotoGp, pencapaian tersebut tentu akan sulit untuk bisa di samai oleh pembalap lain, gaya balap yang bisa membius perhatian penonton menjadi ciri khas seorang Valentino Rossi, ini menjadi salah satu alasan kenapa Rossi di juluki sebagai “The Doctor”.

Dalam meraih kemenangan Valentino Rossi tak jarang terlibat dalam persaingan sengit, Rossi lebih suka memenangkan balapan dengan berduel terlebih dahulu, aksi-aksi nya di atas lintasan membuat banyak pecinta MotoGp merasa kagum, ini juga menjadi daya tarik tersendiri MotoGp, dari sekian banyak kemenangan Valentino Rossi, ada beberapa kemenangan yang terasa spesial untuknya, mana sajakah kemenangan spesial Valentino Rossi? berikut rangkumannya.


Rangkuman Kemenangan Spesial Valentino Rossi Di MotoGp.

1. Kemenangan di Sirkuit Phillip Island Tahun 2001

Kemenangan Sirkuit Phillip Island Tahun 2001

Kemenangan yang terasa spesial pertama untuk Valentino Rossi terjadi di sirkuit Phillip Island Australia musim 2001 silam, Dengan kemenangan tersebut “The Doctor” berhasil meraih title juara dunia Motogp pertam nya, kala itu Motogp masih menggunakan kapasitas mesin 500cc sekaligus menjadi akhir era 500cc.

Jalannya balapan sangat seru, meski Valentino Rossi terkena sanksi dan harus memulai balapan dengan 10 detik lebih lambat, namun dengan skil dan kepercayaan diri Rossi berhasil menjadi juara, pada masa tersebut Rossi masih menggunakan motor pabrikan Honda dan harus bersaing dengan Max Biaggi sebagai lawan beratnya dikala itu, Valentino Rossi berhasil memenangkan balapan tak luput dari aksi nekadnya, menyalip Max Biaggi di tikungan terakhir dan lap terakhir membuat Rossi unggul lebih cepat hanya 0,013 detik, sungguh kemenangan fantastis dan spesial tentunya.

2. Kemenangan Sirkuit Welkom Afsel Tahun 2004.

Kemenangan Sirkuit Welkom Afsel Tahun 2004

Mengawali seri pembuka MotoGp 2004 yang di gelar di sirkuit Welkom Afrika Selatan Valentino Rossi berhasil menjadi juara dengan tunggangan barunya menggunakan pabrikan Yamaha, selama tiga tahun menjadi juara dunia secara beruntun dengan Honda akhirnya di musim 20014 Valentino Rossi memilih hengkang ke pabrikan Yamaha yang merupakan rival terkuat Honda, berbagai tanggapan pun muncul ketika itu, banyak yang mengkhawatirkan prestasi gemilang Rossi akan meredup, pasalnya kala itu Yamaha sempat 18 bulan tanpa kemenangan satu pun.

Namun spekulasi dan berbagai tanggapan mampu di jawab dengan hasil menjanjikan oleh Valentino Rossi dengan menjadi jawara di seri tersebut walaupun memakai motor yang berbeda, Rossi serta seluruh tim berhasil menjadikan Yamaha dapat bersaing di barisan depan, terlibat duel sengit sejak awal balapan akirnya Rossi berhasil mengalahkan Max Biaggi dengan motor Honda nya, ini menjadi momen spesial bagi Valentino Rossi.

3. Kemenangan di Sirkuit Jerez Tahun 2005

Kemenangan Sirkuit Jerez Tahun 2005

Momen spesial Valentino Rossi selanjutnya datang dari sirkuit Jerez spanyol di musim 2005, Rossi berhasil memenangkan balapan setelah aksi brilian nya di tikungan terakhir dan lap terakhir, aksi Rossi saat mengambil alih pimpinan balapan di tikungan terakhir berujung dengan senggolan yang membuat Sete Gibernau keluar jalur lintasan, kejadian tersebut banyak di perbincangkan para pengamat dan pecinta Motogp maklum saja di masa tersebut dua pembalap yakni Rossi dan Sete Gibernau selalu menjadi pusat perhatian pecinta MotoGp mereka selalu bersaing di dua musim terakhir.

Kepopuleran aksi Rossi tersebut, sampai-sampai di tiru oleh juniornya saat ini sekaligus juara bertahan Motogp 2014 Marq Marquez, The Baby Alien meniru aksi Rossi tersebut pada tahun 2013 silam, saat itu Lorenzo yang menjadi korbannya.

4. Kemenangan Valentino Rossi di Sirkuit Laguna Seca 2008

Kemenangan Sirkuit Laguna Seca 2008

Setelah dua musim di lewati tanpa gelar, musim 2008 Valentino Rossi bertekad meraih kembali gelar juara yang terlepas dari tangannya, 2006 gelar juara jatuh ketangan Nicky Hyden dan 2007 Casey Stoner dengan motor Ducati yang terkenal dengan kecepatan di lintasan lurusnya di masa itu, musim 2007 persaingan Rossi dan Casey Stoner menjadi sangat ketat, Rossi harus mengakui kecepatan Stoner dengan Ducatinya dan merelakan gelar juara jatuh ketangan Casey Stoner.

Namun pada tahun 2008 Valentino Rossi mampu bangkit dan berhasil menjadi juara setelah memenangkan persaingan dengan Casey Stoner, diantara kemenangan sepanjang musim 2008, Sirkuit Laguna Seca merupakan kemenangan paling spesial untuk Valentino Rossi, aksi Rossi menyalip stoner di tikungan Corkscrew menjadi titik sukses dalam memenangkan balapan, tikungan Corkscrew merupakan tikungan menurun yang sangat berbahaya namun justru Rossi mampu melewati Stoner di tikungan tersebut.

Meskipun aksi Rossi tersebut bukan sebagai penentu juara, namun setidaknya mempengaruhi mental Stoner, terbukti pada 9 lap tersisa Stoner melakukan kesalahan melebar ke luar jalur dan terjatuh, meski masih dapat melanjutkan balapan di urutan ke-dua, dan di tahun 2013 Marquez meniru aksi tersebut kepada Rossi, namun bedanya tikungan tersebut sudah mendapatkan tambahan aspal di pinggirnya sehingga lebih tidak berbahaya.

5. Kemenangan di Sirkuit Catalunya 2009

Kemenangan Sirkuit Catalunya 2009

Mendapatkan partner tangguh sekelas Jorge Lorenzo rupanya Valentino Rossi sedikit terganggu, tak jarang kedua pembalap Yamaha tersebut terlibat dalam aksi-aksi yang bisa merugikan Yamaha sendiri, tak mau dikalahkan oleh partner barunya Rossi pun menunjukan sklil luar biasanya di sirkuit Catalunya Spanyol yang merupakan kandang Lorenzo.

Sejak di mulainya balapan kedua pembalap Yamaha Rossi dan Lorenzo telah melakukan persaingan luar biasa dengan saling mendahului, aksi kedua pembalap Yamaha tersebut membuat para penonton yang menyaksikan seakan tak mau berkedip saking seru dan mendebarkan, hingga akhirnya Valentino Rossi mampu mengambil alih balapan di tikungan terakhir dan keluar sebagai juara hanya berbeda 0.095 detik.

6. Kemenangan di Sirkuit Losail Qatar 2015

Kemenangan Sirkuit Losail Qatar 2015

Kemenangan paling anyar serta spesial bagi Valentino rossi adalah pada saat memenangkan duel sengit dengan Andrea Dovizioso di sirkuit Losail Qatar seri pembuka Motogp 2015, Rossi yang star di urutan ke delapan dan sempat turun ke urutan 10 di awal balapan mampu menunjukan performa luar biasa, secara perlahan Rossi melewati beberapa pembalap dan akhirnya harus berduel sengit dengan Dovizioso, kemenangan ini memang tidak di tentukan di tikungan terakhir melainkan di lap terakhir.

Yang menjadi spesial dalam balapan kali ini, Rossi berhasil memenangkan pertandingan di usia yang tidak muda lagi, ia berhasil mengalahkan perlawanan para pembalap muda yang notabennya mempunyai kekuatan fisik lebih darinya, lantas akankah terjadi kembali kemenangan sensasional Valentino Rossi di musim ini? kita tunggu saja balapan selanjutnya, sekian Rangkuman Kemenangan Spesial Valentino Rossi Di MotoG

Lihat Juga
Hasil Motogp Qatar 2015
profil dan biodata Marc Marquez

3 komentar:

  1. rossi emang sangat spesial gan

    ReplyDelete
  2. Teringat masa sd, nonton motogp 46 sudah tidak aneh menang, sampai2 untuk rossi ga dihitung jika tebak juara

    ReplyDelete
  3. rossi pensiun di tahun 2019. aku rasa aku bisa menjadi vr46 kw. dan melanjutkan cita cita rossi... semoga terkabul. kemaren aku mimpi ku kalahkan vr46 pakai motor aprillia. wa sungguh menyangkan. karna terpaut 7 detik dari saya... hanya mimpi. dan mimpi bisa saja jadi kenyataan

    ReplyDelete