Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 2016 Dengan Alat Sederhana

Gerhana Matahari Total 2016 bisa kita saksikan pada tanggal 9 Maret 2016, bisa dibilang kita merupakan umat manusia yang beruntung karena dapat secara langsung menyaksikan fenomena alam yang sangat langka tersebut, namun tentunya sangat berbahaya jika melihat Gerhana Matahari Total dengan mata secara langsung tanpa menggunakan alat bantu atau penghalang apapun.

Kenapa bisa berbahaya? Kerena sinar Ultraviolet yang mengarah langsung ke matamu dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan, saya sendiri pernah membaca di salah satu media berita nasional bahwa melihat Gerhana Matahari Total dengan mata secara langsung dapat menyebabkan katarak, untuk itu sangat dianjurkan menggunakan alat bantu ketika kita menyaksikan keindahan Gerhana Matahari Total.

Lantas bagaimana cara aman agar tetap bisa menyaksikan fenomena yang sangat jarang terjadi tersebut? Jangan khawatir, kini seiring dengan perkembangan jaman banyak solusi bertebaran yang bisa kamu lakukan, semisal dengan menggunakan Kaca Mata Gerhana Matahari atau menggunakan teknik lubang jarum serta solusi lainnya, tak lengkap rasanya jika tidak memberikan informasi secara detailnya, berikut kumpulan cara melihat Gerhana Matahi dengan aman.

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 2016 Dengan Alat Sederhana

1. Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Khusus

Bagi kamu yang memang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total dari awal, yakni ketika secara perlahan bulan mulai menutupi cahaya Matahari kamu bisa memakai kacamata khusus Gerhana, perlu diketahui bahwa kacamata gerhana sangat berbeda dengan kacamata hitam pada umumnya, jadi silahkan beli atau cari kacamata khusus Gerhana Matahari, tak perlu khawatir seiring dengan kemajuan teknologi kamu bisa dengan mudah mendapatkan kaca mata gerhana dengan mudah, semisal mencari di market place atau toko online yang menyediakan, bahkan di mall-mall terdekat kamu.

2. Melihat Gerhana Matahari Dengan Teknik Jarum

Cara ini sangat sederhana, kamu bisa membuat sebuah alat sendiri untuk memantau terjadinya Gerhana Matahari Total, selain murah meriah cara ini pun bisa dijadikan sebagai edukasi bagi kamu, pembuatannya pun tidak sulit, berikut langkah-langkahnya.
cara melihat gerhana matahari total
Cara Melihat Gerhana Matahari Total Teknil Lubang Jarum 1 (img infoastronomy.org)

Bahan-bahan Yang Harus Disediakan

-Kertas karton tebal
-Kertas HVS putih polos, boleh juga dua-duanya kertas karton
-Gunting atau cutter
-Jarum

Cara Pembuatan :

  • Buatlah kertas karton menjadi persegi, usahakan jangan terlalu kecil asalkan nyaman ketika dipegang.
  • Lubangi kertas karton tepat ditengah-tengah, bisa menggunakan jarum, paku payung atau sejenisnya, usahakan lubang hasil tusukan tadi berbentuk lingkaran sempurna
  • Kemudian berdirilah dengan membelakangi Matahari, lalu arahkan kertas karton yang telah di lubangi tadi ke arah sinar Matahari
  • Kertas HVS putih polos berfungsi sebagai layarnya, pegang dengan tangan satunya lagi dan pastikan bayangan sinar Matahari yang masuk melalui lubang jarum yang telah di buat di kertas karton terproyeksi pada kertas HVS
  • Agar mendapatkan hasil sempurna kamu bisa mencoba terlebih dahulu trik ini sebelum Gerhana Matahari Total benar-benar terjadi

3. Melihat Gerhana Matahari Dengan Teknik Jarum pada kotak kardus

Selain cara diatas ternyata ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan, kamu bisa menggunakan kotak kardus bekas seperti kardus bekas sepatu, lampu, kardus bekas air mineral, bekas mie instan atau yang lainnya sebagai alat untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total, cara pembuatannya sangat mudah dan tentunya praktis, berikut langkah demi langkahnya.
alat untuk melihat gerhana matahari total
Cara Melihat Gerhana Matahari Total Teknil Lubang Jarum 2 (img timeanddate.com)

Bahan Yang Di Perlukan

-Kotak kardus bekas.
-Gunting.
-Lakban.
-Alumunium foil.
-Jarum atau paku payung.
-Gunting atau cutter.
-Selembar kertas HVS putih.

Cara Pembuatan :

  • Buatlah lubang persegi di salah satu ujung kardus, usahakan jangan terlalu besar, (Lihat gambar 2 di atas).
  • potong alumunium foil berbentuk persegi dengan ukuran sedikit lebih besar dari lubang kardus yang telah kamu buat.
  • Lalu tutup lubang kardus tadi dengan alumunium foil dengan memberikan lakban di setiap sisinya agar terlihat rapi.
  • Gunakan jarum atau paku payung untuk membuat lubang tepat di tengah alumunium foil.
  • Kemudian di ujung yang berlawanan, tempatkan selembar kertas HVS.
  • Buatlah lubang pada bagian bawah kardus untuk melihat cahaya Matahari yang masuk melalui lubang jarum yang telah di buat pada alumunium foil tadi.
  • Lalu berdirilah membelakangi Matahari, arahkan alumunium foil berlubang jarum ke arah Matahari dan pastikan kamu melihat bayangan Matahari pada kertas HVS.

Cara diatas sangat aman untuk melihat Gerhana Matahari Total, jika kamu tertarik kamu bisa mencobanya sambil berkreasi membuat alat bikinan kamu sendiri. Selamat Mencoba.....

Sebagai tambahan bahwasanya Gerhana Matahari Total 2016 akan melalui 12 Provinsi di Indonesia, namun tidak semua provinsi yang mendapatkan Gerhana Matahari Total, wilayah yang akan mengalami Gerhana Matahari Total adalah Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palang Karaya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera sedangkan beberapa wilayah hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari sebagian.

0 komentar:

Post a Comment