Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2017 Digelar Jumat

Kapan Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2017 digelar? melalui website resmi kemenag bahwa kementrian agama Indonesia akan menggelar sidang isbat pada hari jum’at 26 Mei 2017, kemendag akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh nusantara, hasil sidang isbat tersebut akan menetapkan kapan umat muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 H.

Sidang isbat akan berlangsung di kantor Kementrian Agama Jalan M.H Thamrin Nomor 6 Jakarta, yang akan dihadiri oleh perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta pihak-pihak terkait.

Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2017

Sidang Isbat penetapan awal puasa ramdhan 2017 hari jumat 26 Mei akan dimulai pukul 17.00 WIB”, yang diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H. Adapun proses sidang Isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan yang telah ditetapkan.


Nantinya hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1438H akan dimusyawarahkan dalam sidang Isbat tersebut kemudian diambil keputusan kapan penentuan awal Ramadan 1438H, Sidang berjalan tertutup, namun setelah di dapatkan hasilnya maka kementrian Republik Indonesia akan mengumumkan atau menyampaikan kepada Masyarkat melalui konferensi pers, biasanya seluruh statsiun televisi nasional di Indonesia akan menayangkan secara langsung konferensi pers hasil dari sidang Isbat sebagai penetapan awal puasa Ramdhan 2017.

Untuk itu mari kita tunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh kemendag pada jumat sore hingga malam hari, agar kita bisa mengetahui dengan pasti kapan kita mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438H.

Updated : Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Sidang Isbat akhirnya mengumumkan bawa 1 Ramadhan 1438H jatuh pada hari sabtu 27 Mei 2017

Sumber : https://www.kemenag.go.id/berita/503026/sidang-itsbat-awal-ramadan-digelar-26-mei

Lihat Juga : Bacaan Niat Puasa Ramadhan

0 komentar