Penyebab Kegagalan Marquez Raih Podium Di MotoGP Le Mans Prancis

Sejatinya Marc Marquez menjadi favorit juara di Motogp Le Mans Prancis 2015 setelah berhasil meraih pole posisi pada sesi kualifikasi, namun apa yang terjadi ketika balapan berlangsung? Sang juara bertahan malah tampak kesulitan bersaing di depan, jangankan menjadi juara untuk meraih posisi ke empat pun Marquez harus berjuang habis-habisan dengan Iannone.

Belakangan diketahui bawa penyebab kegagalan Marquez meraih podium di MotoGp Le Mans Prancis dikarenakan suhu temperatur trek mengalami kenaikan secara signifikan, sehingga Marquez sangat kesulitan untuk menggeber tungganganya secara maksimal.

marquez-motogp-le-mans

Ketika balapan yang di gelar pada hari minggu (17/5/2015) malam hari wib di mulai, Marquez yang berada di grid terdepan langsung turun ke posisi tiga selepas star di bawah Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, gagal memperbaiki posisi Marquez pun dapat dilewati oleh Andrea Iannone dan Valentino Rossi, The Doctor secara perlahan mampu melewati Iannone dan Dovizioso dan berada tepat di belakang Lorenzo, posisi 3 besar tersebut yakni Lorenzo, Rossi dan Dovizioso tidak berubah sampai balapan selesai.

Tak hanya oleh duo Italia kesulitan Marquez dalam menjalani balapan di sirkuit Le Mans membuat Bradley Smith mampu melewatinya, namun pada akhirnya Marquez mampu mengejar Bradley Smith dan Iannoe, setelah aksi saling overtaking antara Marquez dan Iannone di pertontonkan akhirnya The Baby Alien memenangkan duel tersebut hingga finish di posisi empat.

Marc Marquez pun berdalih dengan meningkatnya temperatur suhu di trek menyebabkan cengkraman ban depan jadi tidak optimal, bisa dilihat pembalap Honda lainnya mengalami insiden terjatuh seperti Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Scott Redding dan lainnya.

"Suhu meningkat tajam, kami tidak membalap dalam kondisi seperti pada waktu ini akhir pekan, di lap keempat saya mulai merasa bahwa saya memiliki banyak masalah di bagian depan, saya pikir semua pembalap Honda memiliki kesulitan yang sama.

"Pada kenyataannya pembalap banyak terjatuh setelah kehilangan grip depan karena kami benar-benar menderita, kami tahu bahwa dengan kenaikan suhu, kondisi akan mengalami perubahan, tapi kami mengharapkan dapat menjadi lebih baik, namun kali ini sebaliknya, kita harus belajar dari balapan ini, terutama dari data yang telah kita kumpulkan, ujar Marquez di situs resmi motogp.

Finish ke empat dalam hasil MotoGp Le Mans Prancis membuat Marc Marquez tertahan di posisi empat pada klasemen sementara MotoGp 2015 dengan raihan 69 poin, terpaut 102 poin dengan Valentino Rossi yang memuncaki klasemen sementara, semoga Marquez dapat bangkit di seri-seri selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment