Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah dan bacaan doa niat Zakat Fitrah akan menjadi tema pembahasan kali ini, mungkin sebagian besar umat muslim telah mengetahui apa itu zakat fitrah? Namun khusus bagi yang belum mengetahui mari kita bersama mengenal tentang zakat fitrah, dari berbagai sumber yang berhasil dikumpulkan maka informasi ini terbentuk atas rasa ingin berbagi informasi kepada khalayak umum.

Pengertian Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir, miskin dan sebagainya. Sedangkan Fitrah disini bermakna sebagai keadaan manusia saat baru diciptakan, sehingga dengan mengeluarkan zakat pada bulan ramadhan, manusia dengan izin Allah akan kembali suci sperti baru terlahir, maka dapat disimpulkan bahwa.

Pengertian Zakat Fitrah adalah zakat atau jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang berkecukupan baik lelaki atau perempuan pada saat bulan Ramadhan dengan syarat-syarat yang telah di tetapkan, adapun yang berhak menerima zakat secara umum terdapat 8 golonagan yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil, tetapi menurut beberapa ulama khusu untuk zakat fitrah harus didahulukan kepada dua golongan yaitu fakir dan miskin.

zakat-fitrah

Waktu pengeluaran Zakat Fitrah

Waktu pengeluaran Zakat Fitrah yaitu pada bulan Ramdhan paling lambat sebelum umat muslim menyelesaikan Sholat Ied, dan jika terlambat dalam penyerahannya maka sejumlah harta yang diserahkan tersebut tidak termasuk zakat fitrah melainkan hanya sedekah biasa, umumnya umat muslim melakukan zakat fitrah jelang dua atau satu hari sebelum hari raya Idul Fitri tiba, dan untuk besarnya harta yang di keluarkan, menurut para ulama adalah sesuai dengan penafsiran terhadap hadits yaitu sebesar satu sha atau kira-kira 3,5 liter atau 2,7 kg makanan pokok yang sesuai dikonsumsi di daerah bersangkutan.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Bacaan do’a niat zakat fitrah sebaiknya telah diketahui sebelum melakukan penyerahan zakat, seperti ibadah pada umumnya zakat fitrah juga harus di awali dengan niat, meski nantinya kita di bimbing oleh panitia pengurus zakat fitrah namun alangkah baiknya kita telah hafal bacaan do’a niat zakat fitrah, mungkin sebagain banyak telah mengentahuinya namun bagi yang mengetahui bisa melihatnya dan menghafalkannya, berikut bacaan do’a niat zakat fitrah.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqaatuhum syar'an fardholillahi ta'ala".
Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala".

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri
Baca : "Nawaitu an ahroja zakat fitri annafsi fardholillahi ta'ala"
Artinya : Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri saya sendiri, fardhu karna Allah Ta'ala

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri
Baca : "Nawaitu an-uhrizakat fitri an zaw jati fardzolillahita 'ala".
Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, fardhu karena Allah Ta'ala.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri (.....) fardzolillahi ta'ala".
Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta'ala".

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri ambinti (.......) fardzolillahita'ala".
Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah ta'ala".

Tujuan Utama Zakat Fitrah

Diwajibkannya Zakat Fitrah atas umat muslim yang telah memenuhi persyaratan bukannya tanpa tujuan dan alasan, tujuan utama zakat fitrah adalah agar setiap muslim yang kurang beruntung atau belum termasuk sebagai kategori wajib membayar zakat fitrah dapat ikut merayakan hari raya dan saling berbagi sesama umat, namun ada juga yang berpendapat bahwa keutamaan zakat fitrah sebagai pembersih harta, melatih diri untuk bersikap dermawan, sebagai ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan rezeki-Nya, menjalin silaturrahim antara yang mampu dan kurang mampu, serta yang lainnya.

Penerima Zakat
Siapa saja orang-orang yang berhak menerima zakat? Berikut 8 golongan orang Islam yang berhak menerima zakat:

  • Fakir (orang yang tidak memiliki harta)
  • Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi)
  • Riqab (hamba sahaya atau budak)
  • Gharim (orang yang memiliki banyak hutang)
  • Mualaf (orang yang baru masuk Islam)
  • Fisabilillah (pejuang di jalan Allah)
  • Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan)
  • Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat)

Sebagai penutup dari tulisan yang bertemakan “Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah 2015” sekiranya jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang tepat mohon di maafkan atau bisa memberikan koreksi pada kolom komentar, agar kita dapat saling berbagi pengetahuan terutama mengenai Zakat Fitrah, Selamat menunaikan ibadah puasa dan jangan lupa untuk mengeluarkan Zakat Fitrah nya. By www.robi.web.id

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Zakat_Fitrah
http://www.artikelsiana.com

0 komentar:

Post a Comment