Fakta dan Data Motogp Barcelona Catalunya

Motogp Catalunya telah bersiap untuk menggelar pertandingan jet darat roda dua motogp, Marc Marquez sebagai pemimpin klasemen sementara dengan torehan sempurna akan berusaha untuk melengkapi kesempurnaannya itu, karena Catalunya merupakan balapan kandang bagi nya. Marquez harus benar-benar waspada terhadap para rivalnya terutama tiga raider teratas seperti pembalap movistar Yamaha Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi serta raider lainnya, pada seri sebelumnya di Motogp Mugello 2014 secara dramatis Marquez mampu memenangkan balapan setelah bertarung sengit dengan Jorge Lorenzo.

Tidak hanya Marquez yang menjadi tuan rumah, Lorenzo dan Pedrosa pun akan menjadi tuan rumah karena ketiga raider tersebut berasal dari Negara yang sama, akan kah Lorenzo dapat menghentikan keperkasaan Marquez ? Jika dilihat dari pengalaman di kelas  motogp Lorenzo lebih unggul dari Marquez, Lorenzo telah mengumpulkan 3 kemenangan dari 4 pertandingan terakhir, namun seorang Baby Alien dapat melakukan segalanya, seperti halnya ketika di tahun 2013 di sirkuit Laguna Seca, Marquez sama sekali belum pernah merasakan balapan di kelas motogp, namun ia mampu menunjukan kemampuannya dan menjadi juara.

Motogp-Catalunya

Walaupun sejauh ini Marc Marquez selalu berhasil menjadi juara, namun sepertinya pada balapan di catalunya tidak akan mudah bagi Marquez, catatan Lorenzo menunjukan bahwa raider movistar Yamaha ini memiliki peluang untuk menjadi juara, selain Lorenzo, Valentino Rossi pun memiliki sejarah hebat disini ia disebut sebagai raider tersukses di sirkuit Catalunya, berikut ini fakta-fakta menarik sirkuit Catalunya yang dikutip dari situs resmi motogp.


DI Zaman era empat stroke motogp, Yamaha telah meraih tujuh kemenangan dan Honda tiga kemenangan serta Ducati dua kemenangan.

Raider kawakan Valentino Rossi merupakan raider tersukses di berbagai kelas di sirkuit Catalunya dengan menorehkan Sembilan kemenangan diantaranya  satu kali dikelas 125cc, dua kali 250cc, satu kali 500cc, dan lima kali dikelas motogp.

Raider berikutnya yang menyandang sebagai raider tersukses adalah Jorge Lorenzo dengan satu kali kemenangan di kelas 250cc, dan tiga kali di kelas motogp, serta Max Biaggi mencatatkan empat kali kemenangan di kelas 250cc.

Tercatat sudah tujuh kali raider asal Spanyol yang menorehkan kemenangan di sirkuit Catalunya ini diantaranya Alex Criville di tahun 1995 dan 1999, Carlos Checa di tahun 1996, Dani Pedrosa di tahun 2008 dan Jorge Lorenzo di tahun 2010, 2012 dan 2013.

Fakta unik lainnya yaitu dalam tujuh terakhir balapan yang digelar di Catalunya raider Spanyol selalu mewakilkan pembalapnya setidaknya satu raider  berada di atas podium.

Hanya ada dua pembalap saja yang menorehkan kemenangan di sirkuit Catalunya yang memulai balapan di posisi terdepan, yaitu Valentino Rossi pada tahun 2006 dan Jorge Lorenzo di tahun 2010.

Tercatat ada enam raider di kelas primer saat ini yang merasakan naik podium dalam balapan Catalunya diantaranya Valentino Rossi 10 kali naik podium, Jorge Lorenzo 5 kali naik podium, Dani Pedrosa 5 kali naik podium, Andrea Dovizioso 1 kali naik podium, Nicky Hayden 1 kali naik podium dan Marc Marquez 1 kali naik podium.

Tidak ketinggalan berikut ini nama-nama pembalap yang berhasil menjuarai sirkuit Catalunya dari tahun ke tahunnya.

Tahun 2013 Kelas MotoGP Jorge Lorenzo Team Yamaha
Tahun 2012 Kelas MotoGP Jorge Lorenzo Team Yamaha
Tahun 2011 Kelas MotoGP Casey Stoner Team Honda
Tahun 2010 Kelas MotoGP Jorge Lorenzo Team Yamaha
Tahun 2009 Kelas MotoGP Valentino Rossi Team Yamaha
Tahun 2008 Kelas MotoGP Dani Pedrosa Team Honda
Tahun 2007 Kelas MotoGP Casey Stoner Team Ducati
Tahun 2006 Kelas MotoGP Valentino Rossi Team Yamaha
Tahun 2005 Kelas MotoGP Valentino Rossi Team Yamaha
Tahun 2004 Kelas MotoGP-Valentino Rossi Team Yamaha
Tahun 2003 Kelas MotoGP Loris Capirossi Team Ducati
Tahun 2002 Kelas MotoGP Valentino Rossi Team Honda
Tahun 2001 Kelas 500cc Valentino Rossi Team Honda
Tahun 2000 Kelas 500cc Kenny Roberts Jr Team Suzuki
Tahun 1999 Kelas 500cc Alex Criville Team Honda
Tahun 1998 Kelas 500cc Mick Doohan Team Honda
Tahun 1997 Kelas 500cc Mick Doohan Team Honda
Tahun 1996 Kelas 500cc Carlos Checa Team Honda
Tahun 1995 Kelas 500cc Alex Criville Team Honda
Tahun 1994 Kelas 500cc Luca Cadalora Team Yamaha
Tahun 1993 Kelas 500cc Wayne Rainey Team Yamaha
Tahun 1992 Kelas 500cc Wayne Rainey Team Yamaha

Melihat fakta-fakta tersebut memungkinkan dalam pertandingan kali ini akan menyuguhkan sebuah tontonan yang sangat menarik seperti halnya ketika Motogp Mugello Italia yang berlangsung dengan dramatis, demikian informasi berita motogp kali ini semoga dapat menjadi sebuah informasi yang menarik bagi penggemar motogp.

0 komentar