Jadwal Pengumuman Kelulusan Hasil UN SMP,SMA/SMK Sederajat 2015

Jadwal Pengumuman kelulusan hasil UN SMP akan di putuskan pada tanggal 10 Juni 2015, sebelumnya untuk pengumuman hasil UN SMA/SMK sederajat telah di umumkan pada tanggal 15 Mei lalu, kini giliran siswa dan siswi tingkat SMP yang akan menunggu hasil dari Ujian Nasional yang telah dijalani, semoga para siswa dan siswi mendapatkan hasil memuaskan.

Untuk tingkat SMA/SMK sederajat diumumkan pada tanggal 15 Mei paling lambat 18 Mei, bagi siswa dan siswi yang mengikuti UN hendaknya bersiap untuk menerima hasil perjuangan selama 3 tahun duduk di bangku sekolah, untuk hasil Ujian nasional 2015 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana di tahun 2015 ini hasil UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan namun tetap penting untuk dijadikan sebagai dasar seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sementara untuk tingkat SMP/SLTP/MTS sederajat jadwal pengumuman UN akan di umumkan pada bulan juni mendatang.

Menurut media Online masing-masing sekolah mempunyai cara tersendiri untuk mengumumkan hasil UN tahun ini, seperti halnya di kota Bekasi, Jawa Barat, SMA Negeri 5 akan mengumumkan hasil melalui sistem online, siswa/siswi yang mengikuti ujian nasional bisa melihat hasilnya pada website sekolah dan untuk melihat rincian nilai, siswa/siswi dapat mengakses menggunakan ID yang telah mereka miliki, di sekolah lain ada juga metode yang di gunakan yakni melalui kantor pos, tergantung dari cara masing-masing sekolah, untuk lebih jelasnya berikut jadwal lengkap pengumuman ujian nasional untuk SMA dan SMP.

Jadwal Pengumuman Kelulusan Hasil UN SMA/SMK, SMP 2015
Pengumuman hasil UN SMA/SMK Sederajat : 15 Mei paling lambat 18 Mei
Pengumuman hasil UN SMP/MTS Sederajat : 10 Juni 2015

Cek Kelulusan untuk DKI Jakarta http://utara.smkdki.info/hasilun/form.php
jadwal-pengumuman-hasil-kelulusan-un-sma-smp-2015
Jadwal Dan Kelulusan UN 2015 (sumber : kemdikbud.go.id)
Jika ingin mengetahui mengenai informasi lebih tentang kelulusan hasil ujian nasional, siswa/siswi bisa melihat langsung pada website resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan di alamat www.kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui alamat url di atas. dengan memasukan nomor ujian dan password, pada situs kemdikbud banyak sekali informasi penting yang bisa dilihat, diantaranya mengenai info perbedaan antara ujian nasional 2015 dengan UN sebelumnya.

Jika masih bingung mengenai perbedaan ujian nasional tahun ini, mungkin tanya jawab yang tertera pada situs kemdikbud bisa membantu memberikan penjelasan baik bagi para siswa/siswi ataupun para orang tua, berikut cuplikan lengkapnya.

Apakah benar ujian nasional (UN) tidak lagi berfungsi sebagai penentu kelulusan?
  • Jawaban : UN tidak lagi digunakan sebagai tes penentu kelulusan seperti yang berlaku selama 12 tahun terakhir, fungsi UN tetap penting karena digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi dan salah satu dasar seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hasil UN secara nasional juga menjadi salah satu alat pemetaan pendidikan

Bagaimana cara sekolah atau satuan pendidikan dalam menentukan kelulusan?
  • Jawab: Kelulusan ditentukan oleh dewan guru di sekolah masing-masing berdasarkan penilaian menyeluruh dari kelas satu sampai kelas tiga, sekolah menentukan kelulusan berdasarkan nilai akhir yang terdiri atas nilai rapor dan ujian akhir sekolah (UAS). Sekolah bisa menetapkan proporsi mulai dari 50% nilai rapor ditambah 50% nilai ujian sekolah atau 70% nilai rapor ditambah 30% nilai ujian sekolah, kriteria dan proporsi kelulusan bisa ditanyakan lebih lanjut ke sekolah.

Apakah benar UN akan dilakukan secara online?
  • Jawab : Pada dasarnya untuk mayoritas sekolah, sistem UN tahun ini tetap menggunakan kertas Lembar Jawaban Komputer (LJK). Namun, mulai tahun 2015 akan dilakukan perintisan UN berbasis komputer (bukan online) hanya bagi sekolah-sekolah yang sudah siap

Apakah soal UN ada yang berbentuk esai?
  • Jawab : Tidak ada, saat ini baik UN yang dikerjakan dengan kertas maupun komputer semua soal berbentuk pilihan ganda

Soal UN tahun 2015 dibuat berdasarkan kurikulum yang mana?
  • Jawab : UN tahun 2015 mengukur capaian kompetensi berdasarkan kurikulum yang digunakan oleh siswa kelas tiga SMP dan SMA saat ini yaitu kurikulum 2006 atau diienal juga sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Siswa SMA/MA akan mengikuti UN untuk 6 mata pelajaran, siswa SMK mengikuti 4 mata pelajaran dan siswa SMP/MTs mengikuti 4 mata pelajaran.

Apakah hasil UN berpengaruh dalam seleksi ke jenjang pendidikan selanjutnya?
  • Jawab : Hasil Ujian nasional SMP/MTs digunakan sebagai pertimbangan untuk penempatan ke jenjang SMA/SMK, pengaturannya dilakukan oleh masing-masing provinsi, sedangkan hasil UN SMA/sederajat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam seleksi mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Penggunaan hasil UN dalam seleksi mahasiswa baru ditentukan oleh panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan rektor masing-masing PTN.

Apakah Sertifikat hasil UN mulai tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya?
  • Jawab : Ada beberapa perbedaan yang lebih bermanfaat, mulai tahun ini sertifikat hasil UN menjadi lebih detail dalam memberikan gambaran pencapaian, sertifikat hasil UN tidak sekedar menampilkan nilai setiap mata pelajaran, namun juga menampilkan kategori baik sampai dengan kurang, serta nilai setiap sub-komponen mata pelajaran, sertifikat yang detail ini diharapkan bisa memberikan gambaran yang lebih lengkap untuk siswa/siswi, orangtua, guru maupun sekolah untuk mengenali kekurangan dan kelebihan serta membantu melakukan perbaikan.

Bagaimana Jika Nilai Siswa/Siswi belum memenuhi standar kompetensi? Apakah bisa melakukan perbaikan?
  • Jawab: Ya, kesempatan perbaikan akan diberikan, sesuai tujuan UN yaitu mendorong untuk tuntas mencapai standar kompetensi melalui proses belajar yang baik, nilai standar kompetensi yang dikategorikan cukup adalah lebih dari 55, untuk siswa/siswi yang nilainya 55 atau kurang, bisa mengikuti ujian perbaikan hanya untuk mata pelajaran yang belum mencapai standar kompetensi tersebut.

Kapan UN Perbaikan akan dilaksanakan?
  • Jawab : Untuk tahun 2015, siswa atau siswi bisa memperbaiki nilai mata pelajaran yang belum mencapai standar kompetisi dengan mengikuti UN perbaikan di tahun 2016, mulai tahun 2016 siswa/siswi bisa mengikuti UN perbaikan di tahun yang sama karena UN akan dilaksanakan pada awal semester kedua di tahun terakhir.

Selama menunggu UN perbaikan di tahun 2016, apakah siswa/siswi bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi?
  • Jawab : Jika telah dinyatakan lulus oleh sekolah dan diterima di jenjang pendidikan selanjutnya siswa/siswi tetap dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Demikian info jadwal pengumuman kelulusan hasil UN SMA/SMK,SMP sederajat 2015 serta tanya jawab mengenai seputar ujian nasional 2015 semoga dapat menjadi sebuah informasi yang menambah pengetahuan mengenai perbedaan UN tahun ini dengan tahun sebelumnya

2 komentar