Selamat Hari Libur, Ini Tips Aman Berwisata Atau Liburan

Selamat hari libur itulah google doodle hari ini (24/12/2015), sebelumnya google juga telah ikut serta dalam menyambut hari ibu nasional beberapa hari yang lalu dengan doodle-doodle cantiknya, seakan tak mau melewatkan hari-hari spesial, google hampir selalu menampilkan doodle sebagai bentuk perayaan di hari-hari yang dianggap istimewa.

Dalam rangka menyambut libur panjang karena Hari Natal serta Tahun Baru, google menampilkan animasi ucapan selamat hari libur dalam bentuk doodle yang lucu dan menawan di halaman utamanya, jika anda membuka google.co.id maka anda akan melihat doodle keren yang berubah-ubah dengan balutan warna-warni nan indah.
selamat-hari-libur

Tidak hanya di Indonesia Google Doodle spesial hari libur juga terdapat di negara-negara lain, seperti, Singapura, Australia, Jepang dan negara lainnya tentu dengan bahasa yang disesuaikan, begitulah cara google dalam merayakan hari libur dengan doodle yang bertajuk "Selamat Hari Libur!"

Berbicara liburan tentu anda setuju bahwa dengan berlibur akan mengisi energi yang hilang karena aktivitas yang padat dalam kehidupan sehari-hari, memanfaatkan waktu senggang dengan liburan baik itu bersama keluarga, kerabat, ataupun teman tentu akan mengobati kejenuhan yang mungkin anda rasakan, jadi liburan sangat penting untuk menghiasi kehidupan kita di dunia ini.

Tapi tidak selamanya liburan berakhir dengan kebahagiaan, justru dengan banyak nya orang yang melakukan liburan, terkadang ada yang harus menelan kekecewaan karena mengalami peristiwa yang tidak diharapkan seperti kecelakaan, mengalami tindak kekerasan, kehilangan barang bawaan serta yang lainnya, untuk itu keselamatan anda merupakan sesuatu hal yang harus diprioritaskan betul agar dapat menikmati liburan dengan tenang dan merasakan kebahagiaan, berikut ada beberapa tips agar anda aman ketika berlibur, baik dengan keluarga tercinta.

Tips Aman Berwisata Liburan Bersama Keluarga

Usahakan Mencari Info Selengkap Mungkin Mengenai Tempat Tujuan Liburan Anda

Menentukan tempat tujuan berlibur merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan, carilah info selengkap mungkin mengenai tempat tujuan wisata tersebut, seperti jalur yang dilewati, jarak tempuh, apakah aman untuk keluarga, dan yang terpenting adalah keadaan lingkungan setempat, jangan sampai anda nyasar karena salah menempuh jalur, bukannya kesenangan yang di dapat melainkan penderitaan yang akan anda rasakan.

Bagaimanapun tujuan berlibur adalah untuk menyenangkan jiwa, jadi faktor kenyamanan dan keselamatan harus menjadi paling utama.

Memilih Transportasi Yang Terbaik

Masih menyagkut pada kenyamanan dan keselamatan, sebaiknya ketika menuju ke tempat tujuan wisata pilihlah transportasi yang terbaik, jika anda menggunakan pesawat, maka cari maskapai dengan track record terbaik yang bisa memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan agar perjalanan anda semakin indah.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya sebelum berangkat, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima, bila perlu servislah sebelum anda melakukan perjalanan.

Perhatikan Keadaan Cuaca

Cuaca yang tidak bersahabat bisa menjadikan liburan anda menjadi kelabu, untuk itu anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk berwisata, jika terjadi cuaca yang tidak mendukung sebaiknya menunda atau membatalkan liburan, karena jika dipaksakan kemungkinan besar kebahagiaan berlibur tidak akan anda dapatkan.

Selain itu perhatikan juga musim yang terjadi, biasanya pada liburan akhir tahun terjadi musim hujan, jadi waspada dalam melakukan perjalanan, jika cuaca tidak mendukung untuk berpergian dengan jarak jauh, anda bisa memilih tempat wisata terdekat, bagi yang berdomisili Jakarta dan sekitar tempat wisata bandung bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Memastikan Perlengkapan

Biasanya ini sering terjadi pada kebanyakan orang, lupa membawa perlengkapan yang dinilai sepele, seperti lupa membawa charger handphone, lupa membawa jaket, atau baju tebal bahkan lupa membawa obat-obatan untuk sikecil, tidak ada salahnya memastikan perlengkapan tersebut sebelum berangkat, di musim hujan biasanya sangat rawan dengan penyakit flu, untuk itu pastikan bawa obat flu atau yang lainnya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Agar Rumaha Aman Ketika Ditinggalkan Liburan

Menutup Rapat Semua Akses Keluar Masuk Rumah
Pastikan pintu, jendela tertutup rapat dan terkunci sebelum ditinggalkan, jangan sampai anda lupa menutup jendela atau pintu belakang.

Nyalakan Lampu Dibeberapa Bagian Rumah
Anda dapat menyalakan beberapa lampu pada bagian tertentu, hal ini agar terlihat rumah anda seakan berpenghuni, atau yang lebih praktisnya yaitu memasang lampu yang dilengkapi dengan sensor cahaya, lampu akan menyala ketika sore hari dan akan mati ketika pagi hari secara otomatis.

Memasang CCTV
Tips ini mungkin diperuntukan bagi anda yang memiliki dana lebih, anda bisa memasang CCTV di rumah anda, dengan begitu walaupun anda meninggalkan rumah, anda masih bisa memantau keadaan rumah anda, selain memasang CCTV anda juga bisa menyewa tenaga jasa keamanan dari perusahaan yang memang menyediakan.

Cabut Colokan Listrik Dan Selang Gas
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika anda berpergian, sebaiknya cabut semua colokan listrik yang menempel serta selang gas kompor anda, agar rumah anda tetap aman sekaligus menghemat listrik, dan jangan lupa untuk mematikan jaringan PAM.

Simpan Dokumen Penting DI Tempat Yang Aman
Jangan biarkan dokumen penting anda seperti Ijazah, kartu keluarga, surat tanah atau dokumen lainnya hilang, simpanlah di tempat yang menurut anda sangat aman, karena suatu saat anda pasti akan membutuhkannya.

Memberitahukan Tempat Sekitar
Ada baiknya jika anda memutuskan berlibur dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya titipkan rumah anda kepada tetangga, atau bisa juga melapor kepada Satpam dan RT/RW setempat dengan memberikan nomor anda yang aktif, agar jika terjadi sesuatu, tetangga atau RT/RW dapat menghubungi anda.

Selamat berlibur, semoga liburan anda menjadi menyenangkan dan penuh dengan kebahagian, menjelang tahun baru, mungkin anda membutuhkan kata-kata indah untuk dikirmkan melalui SMS atau sekedar membuat status di media sosial anda bisa melihat postingan sebelumnya mengenai Ucapan Selamat Tahun Baru 2016.

0 komentar