Harga BBM Premium Dan Solar Turun Mulai 5 Januari 2016

Seiring dengan turunnya harga minyak dunia, maka pemerintah Indonesia memutuskan untuk menurunkan bahan bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar, melalui menteri ESDM bapak Sudirman Said pada tanggal (23/12/2015) secara resmi pemerintah mengumumkan harga baru BBM, berikut perinciannya.

Harga Baru BBM Per 5 Januari

Premimum : Dari Rp 7.400 menjadi Rp 7.150
Solar : Dari Rp 6.700 menjadi Rp 5.950

Penurunan harga BBM tersebut berlaku mulai tanggal 5 Januari 2016, seharusnya harga baru BBM tersebut mulai berlaku pada tangga 1 Januari 2016, namun pemerintah ingin memberikan kesempatan kepada distributor, SPBU, dan pengecer untuk menghabiskan stok yang masih tersedia dengan harga lama sehingga tidak mengalami kerugian, serta kepada Pertamina untuk melakukan persiapan-persiapan penataan sistem dan sebagainya.
Harga BBM Turun
Harga BBM Turun

Dijelaskan juga bahwa harga keenomian jenis premium turun dari Rp 7.300/liter menjadi Rp 6.950/liter, namun pemerintah memungut dana ketahanan energi dana pengurasan fosil sebesar Rp 200 untuk dibekuk dikumpulkan menjadi dana ketahanan energi yang akan diarahkan kepada program energi terbarukan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kita.

Dan untuk solar harga keekonomiannya yaitu berkisar Rp 5.650/liter kemudian pemerintah menambahkan Rp 300 sehingga harga baru solar yaitu Rp 5.950/liter, lalu kenapa soalar mengalami penurunan lebih banyak dari premium? Selain harga minyak mentah dunia yang memang mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir yaitu harga Mean of Platts Singapore (MOPS) untuk Solar sekitar 18-20%, sedangkan MOPS Premium turun hanya sekitar 8% saja.

Pertimbangan lain menurut menteri ESDM yaitu karena solar kebanyakan dikonsumsi oleh industri dan angkutan umum sehingga turunnya sangat signifikan, namun pengumuman harga bbm kali ini tidak menyinggung harga Pertamax.

Bagi yang ingin melihat Video mengenai pengumuman harga baru bbm yang di sampaikan oleh menteri ESDM Bapak Sudirman Said silahkan langsung menuju ke tautan berikut =>> Video Pengumuman harga bbm turun per 5 Januari 2016.

0 komentar:

Post a Comment