Penyebab Marquez Dapat hasil buruk di Kualifikasi MotoGp Italia

Pemandangan yang sangat jarang terjadi di kualifikasi Motogp Mugello Italia 2015, dimana pembalap sekelas Marc Marquez yang merupakan juara bertahan MotoGP harus mengikuti kualifikasi pertama, biasanya pembalap top akan langsung mengikuti kulifikasi kedua, namun kali ini tidak terjadi sama Marquez, dia harus star di urutan ke-13, lantas apa penyebab Marquez dapat hasil buruk di kualifikasi MotoGP Italia?

Mungkin sebagian GP mania banyak yang bertanya kenapa hal ini bisa terjadi? padahal selama sesi satu dan dua Marquez cukup baik menempati posisi ke empat dan dua, setelah sesi kualifikasi selesai Marquez pun mengunkapkan masalah yang di hadapinya, menurutnya kesalahan strategi pemilihan ban penyebab dari semua ini.
marquez-motogp-mugello-italia-2015
Marc Marquez Motogp Mugello Italia 2015 ( sumber image: motogp.com )
Latihan bebas pertama dan kedua berjalan lancar, namun pada sesi latihan bebas ke tiga Marquez mengakui melakukan kesalahan dimana dia tidak menggunakan ban baru, dan hasilnya sangat mengecewakan berada di posisi ke-11, berawal dari sini penyebab keterpurukan Marquez

Sesuai dengan peraturan MotoGP bahwa yang berhak mengikuti kualifikasi kedua secara langsung adalah 10 pembalap tercepat selama sesi 1,2 dan 3 di lihat dari best lap (kalo tidak salah), pada sesi latihan bebas pertama Marquez menorehkan waktu tercepat 1,48.028, latihan bebas kedua 1,47.643 dan latihan bebas ke tiga 1,47.566.

Jika dilihat dari hasil ketiga seri latihan bebas tersebut torehan waktu tercepat Marquez adalah 1,47.566, lebih lambat dari Maverick Vinales yang berada di urutan 10 menorehkan watu tercepat 1,47.557 dari tiga seri latihan bebas, mau tak mau Marquez pun harus mengikuti sesi kualifikasi pertama karena tidak termasuk kedalam 10 pembalap tercepat selama sesi latihan bebas 1 sampai 3.

Pada sesi kualifikasi satu Marquez mengalami nasib kurang beruntung, dia dikalahkan oleh Yonny HERNANDEZ dan Aleix ESPARGARO, berikut pernyataan Marquez "ini adalah hasil kualifikasi terburuk yang pernah kami alami di MotoGP, sejak pagi hari, kami tidak menggunakan ban baru dan yang membuat kami harus mengikuti kualifikasi pertama, dalam kualifikasi pertama memiliki masalah lain yang mencegah kami untuk maju ke kualifikasi kedua.

Namun demikian, saya pikir kami memiliki kecepatan yang baik untuk besok, meskipun jelas bahwa kesulitan akan kami alami. Kami akan mencoba untuk membuat awal balapan yang baik dan membuka beberapa lap untuk masuk ke kelompok terdepan." tutur Marquez pada situs resmi motogp.

Walaupun Marquez mendapatkan hasil mengecewakan di kualifikasi Motogp Mugello Italia 2015 namun dia adalah juara pada musim lalu, jadi kesempatan untuk menang masih terbuka lebar, kita nantikan saja kejutan apa yang akan di berikan oleh sang juara bertahan Marc Marquez di seri ke enam MotoGP Mugello Italia 2015.

0 komentar:

Post a Comment